Welcome To My Blog Bahaya Menggunakan Headset!! - New Life Begin } Sugeng Rawuh Sederek Seperjuangan

Tuesday, January 31, 2012

Bahaya Menggunakan Headset!!

bahaya-menggunakan-headset
Mendengarkan musik melalui earphone atau headset memang menyenangkan, apalagi saat diperjalanan saat menyusuri keramaian kota. Namun hati-hati untuk Anda yang sering mendengarkan musik dengan earphone, terlalu sering menggunakan atau terlalu memaksa pemakaian headset ternyata akan menyebabkan kerusakan gangguan pendengaran atau penurunan fungsi pendengaran. Apalagi biasanya earphone/headset digunakan dengan diset sekeras-kerasnya untuk “melawan” noise dari luar yang biasanya kita gunakan di tempat-tempat ramai/ bising. Ini sangat beresiko tinggi. 


Telinga yang terekspos suara diatas 85dB dapat mengakibatkan kehilangan pendengaran permanen, tergantung tingkat volume suara dan berapa lama mendengarkan. 
Penelitian yang dilakukan oleh Mr.Brian J.Fligor, mengatakan bahwa semakin dekat sumber suara ke gendang telinga maka semakin tinggi tingkat suara dan lebih relatif berisiko kerusakan telinga di bandingkan headphone.



Solusi Mengatasi Bahaya Menggunakan Headset Meskipun cara ini tidak 100% aman, namun setidaknya ini bisa mengurangi bahayanya
  1. Volume tidak boleh lebih dari 80 db atau tombol volume dipasang pada 50-60 % total volume.
  2. Jangan terlalu lama mendengarkan musik melalui earphone, apalagi terus menerus. Beri istirahat telinga setiap ½ -1 jam. Sebab jika organ dalam koklea merasa capek, pendengaran bisa mengalami rusak permanen.
  3. Gunakan alat pemutar musik yang memiliki volume control.
  4. Jangan gunakan alat pemutar musik dalam pesawat terbang atau pada lingkungan ramai, sebab di situasi itu Anda cenderung menaikkan volume yang akan merusak pendengaran.

Semoga tips ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Your Comment Here... Use It Wisely No Abuse