Welcome To My Blog Badai Matahari - New Life Begin } Sugeng Rawuh Sederek Seperjuangan

Thursday, January 5, 2012

Badai Matahari


Badai Matahari

Akhir akhir ini banyak berita menyiarkan tentang ‘Badai Matahari’ . emmm serem juga si waktu ngeliat gambar’a matahari ngejulur julurin lidah api’a ==’
Karena saking penasaran w coba nyari nyari tentang si badai matahari itu .

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengingatkan bahwa sepanjang tahun 2012 hingga 2013 aktivitas matahari akan meningkat dan menyebabkan badai matahari yang lebih sering ke bumi. Badai matahari sendiri terjadi akibat 
pelepasan energi besar dari permukaan matahari yang radiasinya menyebar ke luar angkasa hingga mencapai atmosfer bumi.

Namun badai matahari tidak akan berdampak langsung manusia. Dampak yang mungkin dirasakan adalah gangguan listrik dan gangguan telekomunikasi. Masyarakat modern yang tergantung GPS dan satelit komunikasi adalah kelompok paling rentan terdampak badai tersebut.

Kepala PLT Bidang Matahari dan Antariksa LAPAN, Emanuel Sungging Mumpuni di Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) Bandung-Jawa Barat , mengatakan , badai matahari merupakan aktivitas tata surya secara rutin dan wajar. Badai hanya berdampak terhadap sistem kelistrikan dan medan elektromagnetik. Nah, bagi masyarakat yang sangat tergantung dengan elektromagnetik, patut waspada.

Badai matahari diperkirakan akan terjadi antara tahun 2012 hingga 2014

"Bagi Indonesia yang berada di garis khastulistiwa dan rawan hujan, apabila ada bencana di daerah dan sistem komunikasi terganggu maka kita bisa gunakan Frekuensi HF yang biasanya sangat bergantung pada aktivitas Ionospher" tambah Emanuel.

Yaa itu lah informasi yang bisa w cari J
Jadi kita gag perlu panik, tapi jangan juga nyepelein . waspada aja karna kita sekarang ini telah berada dijaman yang serba modern yang tak terlepas oleh alat alat canggih.

No comments:

Post a Comment

Your Comment Here... Use It Wisely No Abuse