Welcome To My Blog Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Dunia - New Life Begin } Sugeng Rawuh Sederek Seperjuangan

Tuesday, January 3, 2012

Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Dunia

DALAM kebudayaan Barat, malam pergantian Tahun Baru biasanya dirayakan dengan pesta-pesta dan acara berkumpul bersama kerabat, teman, atau keluarga.

Di sejumlah kota besar di dunia, malam Tahun Baru dirayakan dengan pesta bersama di lapangan terbuka untuk menanti detik-detik pergantian tahun yang sering diliput jaringan televisi dan kantor berita, di antaranya Edinburgh, Sydney, Toronto, Tokyo, Moskow, London, Berlin, Rio de Janeiro, Paris, dan New York City. 

Tanggal 31 Desember adalah hari libur di sejumlah negara, termasuk Argentina, Brazil, Meksiko, Yunani, Pilipina, dan Venezuela.


Malam tahun baru adalah petang hingga malam hari tanggal 31 Desember yang merupakan hari terakhir dalam tahun kalender Gregorian, sehari sebelum Tahun Baru. Seperti apa, cara dunia merayakan tradisi tersebut?
Australia
Di Negeri Kanguru ini, masyarakat menikmati pesta kembang api terbesar di dunia pada malam Tahun Baru. 

Semua kota besar di Australia mengadakan pesta malam tahun baru yang biasanya disertai pesta kembang api. Di Perth, Australia Barat, kembang api diluncurkan dari tongkang di sepanjang Sungai Swan. Di Brisbane, sejumlah 50.000 orang berkumpul setiap tahunnya, di daerah sekitar Sungai Brisbane untuk menyaksikan kembang api. Pesta malam tahun baru di Melbourne dan Sydney adalah pesta malam tahun baru terbesar di Australia. Lebih dari satu juta orang berkumpul di Pelabuhan Sydney untuk merayakan pesta malam tahun baru

Di Dubai, yang sangat terpengaruh gaya hidup Barat, warga terkagum-kagum memandangi pagelaran kembang api dan sinar laser spektakuler di Burj Khalifa, gedung tertinggi di kawasan tersebut.

Estonia
Di Estonia, negara ke-17 di Benua Eropa yang menggunakan mata uang euro, Perdana Menteri Andrus Ansip menandai pergantian tahun dengan menarik sejumlah uang tunai dalam bentuk euro di sebuah ATM.

Taiwan
Sebuah kembang api yang membentuk naga dinyalakan. Kembang api ini dikatakan sebagai yang terbesar di Taiwan, dan pembuatannya menelan biaya 2 juta dolar AS atau sekitar Rp18 miliar.

Hong Kong
Di Hong Kong, orang berkumpul di pinggir pantai distrik Central, Causeway Bay and Tsim Sha Tsui untuk melihat permainan cahaya di gedung-gedung pencakar langit sepanjang Pelabuhan Victoria. Pesta detik-detik pergantian tahun diadakan di lapangan Times Square dan Ocean Terminal.

Pilipina
Sebagian orang Pilipina mematuhi serangkaian tradisi malam tahun baru. Di antaranya ada tradisi memakai baju bermotif bulat-bulat (polka dot), karena bentuk lingkaran dipercaya mendatangkan uang dan keberuntungan. Selain itu, tradisi mengguncang-guncang uang logam di dalam panci bertutup sambil berkeliling di dalam rumah, dan menghidangkan buah berbentuk bundar dipercaya mendatangkan keberuntungan. Di saat pergantian tahun, orang Pilipina juga menyalakan petasan dan kembang api.

Jepang
Omisoka atau Otsugomori adalah istilah bahasa Jepang untuk hari terakhir dalam setahun. Sewaktu kalender lunisolar seperti kalender Tempo masih digunakan di Jepang, omisoka jatuh pada bulan ke-12 hari ke-30, atau bulan ke-12 hari ke-29. Setelah menggunakan kalender Gregorian, omisoka jatuh pada tanggal 31 Desember. Dalam penanggalan lunisolar, "misoka" berarti hari terakhir dalam sebulan, sedangkan hari terakhir dalam setahun disebut Omisoka (misoka besar). Kata "misoka" berarti tanggal 30, dan berasal dari kata "miso" (tiga puluh).

Sepanjang hari terakhir dalam setahun, orang Jepang disibukkan dengan tradisi "toshi koshi" (melewatkan tahun). Malam pergantian tahun (31 Desember hingga 1 Januari pagi hari) disebut "joya" (malam tahun baru), dan merupakan kesempatan berkumpul bagi anggota keluarga.

New York, AS 
Sementara itu, di Negeri Paman Sam, sebuah bola besar tradisional ditampilkan di Lapangan Times Square untuk menandai awal 2012. 

Orang membanjiri Times Square untuk mengikuti acara penghitungan detik-detik pergantian tahun yang disiarkan jaringan televisi nasional. Sejak lebih 100 tahun lampau, acara pergantian tahun ditandai dengan tradisi penurunan bola raksasa di Lapangan Times Square. 

Bola dibuat dari Waterford Crystal dengan diameter 182,8 cm, dan berat 485,34 kg. Bola itu bisa dilihat dari kejauhan karena diberi hiasan lampu-lampu. Bola bisa dilihat dari kejauhan karena diberi hiasan lampu-lampu. Pada pukul 23.59.00, bola diturunkan dari tiang pengikatnya di atas gedung One Times Square, dan sampai di bagian bawah tiang tepat pukul 00.00 tengah malam. Sama dengan julukan yang diberikan untuk New York City, bola ini juga dijuluki "apel besar" (big apple).

Brazil
Malam tahun baru (Véspera de Ano Novo) adalah salah satu perayaan termeriah dalam setahun di Brazil. Sebagian besar kota-kota besar di Brazil, dan kota-kota berukuran sedang mengadakan pesta kembang api dan pertunjukan musik selepas tengah malam. Pesta malam tahun baru yang terkenal adalah pesta di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro. Kota São Paulo juga mengadakan pertandingan Maraton Saint Silvester (Corrida de São Silvestre) yang diikuti pelari maraton dari seluruh dunia.

Inggris
Masyarakat dapat menikmati pesta kembang api dari tepi Sungai Thames. Di London, pesta kembang api besar-besaran berlangsung selama 10 menit di London Eye .

Sementara itu, di Madrid, Spanyol, ribuan orang ambil bagian dalam kegiatan tradisi "Las Uvas", yang secara harfiah berarti anggur. Pada tradisi itu, massa memakan anggur ketika dentang jam berbunyi sebanyak 12 kali yang menandakan pergantian tahun.

Di Skotlandia, orang menunggu meriam ditembakkan dari Istana Edinburgh yang menandakan tahun baru telah tiba. Perayaan tahun baru di Skotlandia disebut Hogmanay. Pesta malam tahun baru diadakan di kota besar seperti Edinburgh dan Glasgow.

Di Jerman sejak tahun 1972 lalu menayangkan film komedi singkat berbahasa Inggris, Dinner for One. Sepotong kalimat lucu (punch line) dalam komedi ini, "same procedure as every year" (prosedur yang sama seperti setiap tahun) telah menjadi ungkapan terkenal di Jerman. 

Di Berlin, pesta malam tahun baru di berbagai tempat dirayakan oleh lebih dari satu juta orang, berikut pesta kembang api di Gerbang Brandenburg.

Prancis
Orang Prancis menyebut malam tahun baru sebagai la Saint-Sylvestre, sedangkan pestanya le Réveillon de la Saint-Sylvestre. Hidangan istimewa dalam pesta malam tahun baru adalah sampanye dan foie gras. Selain pesta besar yang disebut une soirée dansante, pesta malam tahun baru juga dirayakan secara sederhana dengan teman atau keluarga.

Denmark

Masyarakat Denmark biasanya merayakan malam tahun baru (disebut nytårsaften dalam bahasa Denmark) dengan kembang api dan sampanye bersama keluarga dan teman dekat. Hidangan makan malam yang mewah menjadi pelengkap malam tahun baru. Makanan spesial tahun baru adalah kue bolu tradisional marzipan ring cake (bahasa Denmark: kransekage, translasi literal: bolu cincin).

Kanada
Di Kanada, malam tahun baru dilewatkan dengan berkumpul bersama keluarga. Pesta yang lebih besar sering mengundang keluarga yang menjadi kerabat dekat. Pesta malam tahun baru di Kanada juga dimeriahkan dengan pesta kembang api. Bagi orang Kanada, hari Natal dan malam tahun baru merupakan kesempatan untuk bertemu keluarga dan pesta makan enak di rumah.

Ekuador
Rakyat Ekuador memiliki suatu tradisi unik dalam merayakan malam tahun baru. Tokoh-tokoh yang tidak disukai, seperti politisi yang dibenci dijadikan model orang-orangan dari jerami, kertas koran, pakaian usang, berikut topeng dari kertas. Sering pula orang-orangan itu diisi dengan kembang api. Selepas tengah malam, orang-orangan tersebut dibakar untuk melambangkan terhapusnya tahun yang lewat, dan datangnya tahun yang baru.

Orang Meksiko memakan 12 buah anggur satu per satu sambil mengikuti bunyi lonceng gereja yang dibunyikan menjelang pergantian tahun. Sebuah anggur dimakan sambil mengucapkan sebuah harapan di tahun yang baru.


No comments:

Post a Comment

Your Comment Here... Use It Wisely No Abuse