Welcome To My Blog Tips Menghemat Baterai Untuk Ponsel Gadget Android - New Life Begin } Sugeng Rawuh Sederek Seperjuangan

Saturday, September 17, 2011

Tips Menghemat Baterai Untuk Ponsel Gadget Android

Tips Menghemat Baterai Untuk Ponsel Gadget Android 
[Image: batre%20android.jpeg]

(ICTF - E-Tips) Memiliki ponsel berbasis Android memang menyenangkan, terlebih jika anda adalah seorang yang suka bereksperimen dengan gadget dan dunia teknologi.

Namun, perlu diketahui juga, semakin banyak aplikasi yang anda install pada Android juga akan berpengaruh pada daya tahan baterai. Saat asyik bermain Android, anda mungki(ICTF - E-Tips)n baru menyadari kalau kondisi baterai sudah lemah dan harus dilakukan charger ulang.

Bukan masalah jika pada saat tersebut sedang membawa charger, tetapi bagaimana jika hal tersebut terjadi ketika sedang di perjalanan atau kondisi lain yang tidak memungkinkan untuk charger baterai?

Masalah tersebut bisa sedikit teratasi dengan cara melakukan penghematan baterai ponsel Android.

Lalu, bagaimana cara menghemat baterai dari ponsel Android? Berikut kami berikan penjelasannya.

Test Keampuhan Baterai Pada Ponsel Android

Coba lakukan test berapa lama baterai bisa bertahan pada ponsel Android. Kemudian, coba analisa apakah dengan melakukan sedikit konfigurasi bisa lebih menghemat baterai atau malah akan membuat keadaan menjadi lebih buruk. Sebagai contoh, untuk menghemat baterai bisa dilakukan dengan menonaktifkan beberapa aplikasi, tetapi jangan sampai aplikasi yang anda matikan pada dasarnya memang harus? ada pada Android. Alih-alih menghemat baterai malah Android anda harus direstart ulang untuk menggunakannya kembali.

Minimalkan Konfigurasi Display Android

Tidak perlu dipungkiri lagi, salah satu device yang paling banyak memakan baterai adalah layar/display. Untuk lebih menghemat baterai, coba setting agar Display seredup mungkin sampai batas mata anda masih bisa melihat dengan jelas Display tersebut. Jangan terlalu gelap karena hal tersebut malah membuat mata anda menjadi sakit. Penghematan baterai memang penting, tetapi kesehatan mata masih jauh lebih penting dari baterai.
Untuk menkonfigurasikan layar agar lebih redup, pergi ke Settings, pilih Display dan pilih Brightness. Atur sesuai dengan kebutuhan anda. Jika memang tidak diperlukan, fungsi Auto-rotate screen juga bisa anda nonaktifkan. Untuk animasi, sesuaikan dengan kebutuhan karena tidak begitu berpengaruh pada baterai. Satu hal lagi, pada bagian Screen timeout, pilih waktu seminimal mungkin. Semakin minim waktu? maka baterai akan semakin hemat.

Buang Aplikasi Yang Tidak Berguna

Hampir semua pengguna Android (Terutama pada awal pemakaian) tergila-gila untuk mencoba semua aplikasi yang ada di Android Market padahal sebenarnya belum tahu apa fungsi dan manfaat dari aplikasi tersebut. Semakin banyak aplikasi yang diinstall membuat kapasitas penyimpanan data semakin kecil dan tentunya butuh lebih banyak konsumsi daya. Ujung-ujungnya akan membuat baterai semakin boros.
Untuk mengatasi hal itu, ada baiknya buang/uninstall semua aplikasi yang tidak pernah anda gunakan. Gunakan aplikasi Easy Uninstaller atau aplikasi yang sejenis untuk menguninstall aplikasi tersebut.

Tips di atas bisa menjadi arahan untuk mengatasi baterai Ponsel android anda yang ingin tahan lama ketika ingin melakukan perjalanan panjang.

No comments:

Post a Comment

Your Comment Here... Use It Wisely No Abuse