Welcome To My Blog Kesalahan McAfee Mendeteksi Virus - New Life Begin } Sugeng Rawuh Sederek Seperjuangan

Friday, September 30, 2011

Kesalahan McAfee Mendeteksi Virus

Jika anda pengguna antivirus McAfee, menggunakan Windows XP dan kemarin melakukan upadate dengan McAfee DAT 5958, kemungkinan besar komputernya akan mengalami masalah. Di update ini McAfee salah mendeteksi file windows yang cukup penting svchost.exe, sebagai virus sehingga berakibat komputer akan sering restart/booting.
File svchost.exe danggap terinfeksi virus W32/Wecorl.a, sehingga sistem menjadi tidak stabil dan senantiasa reboot. Lalu, bagaimana mengatasi jika hal ini terjadi ?
Kesalahan deteksi ini memang bisa dibilang cukup fatal, mengingat file svchost.exe merupakan file penting windows. Ketika file ini sebenarnya bersih, tetapi dianggap virus, maka bisa jadi akan di masukkan karantina, aksesnya diblok atau dimatikan prosesnya. Hal ini menyebabkan windows XP tidak stabil dan memunculkan pesan error atau Blue Screen dan komputer selalu restart (reboot) berulang-ulang.


Setelah mengetahui hal ini, McAfee segera bertindak cepat dengan merilis informasi update, penjelasan dan cara mengatasinya. Sebelumnya McAfee sudah memberikan solusi permasalahan ini dengan update terbaru, penjelasannya termasuk serta langkah manual mengatasi hal itu yang bisa dilihat dari halaman http://vil.nai.com/vil/5958_false.htm.
Kemudian, baru saja, McAfee memperbarui teknik perbaikan jika komputer mengalami masalah akibat salah deteksi diatas. Kali ini caranya lebih mudah, lakukan langkah sebagai berikut :
  1. Download McAfee SuperDAT recovery tool dari komputer yang tidak terinfeksi atau warnet
  2. Jalankan komputer yang terkena masalah melalui Safe Mode
  3. Jalankan SuperDAT recovery tool di komputer tersebut
  4. Restart komputer secara normal, kemudian download update terbaru dari mcafee
Menuru laporan McAfee, kejadian ini sepertinya hanya berpengaruh di Microsoft Windows XP dengan SP3 dan tidak berpengaruh di versi lainnya (Vista atau Windows 7). Informasi selengkapnya bisa melihat McAfee Support article

No comments:

Post a Comment

Your Comment Here... Use It Wisely No Abuse