Welcome To My Blog Tips Agar Ponsel Android Aman dari Virus & Malware - New Life Begin } Sugeng Rawuh Sederek Seperjuangan

Saturday, September 17, 2011

Tips Agar Ponsel Android Aman dari Virus & Malware

Tips Agar Ponsel Android Aman dari Virus & Malware 
[Image: ponsel%20android.jpg]


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemudik pasti banyak yang mencari informasi jalur mudik yang asyik via smartphone. Informasi tersebut bisa dicari dengan bantuan Google. Tapi hati-hati saat mengunduh aplikasi atau informasi.

Sebab, ancaman virus selalu mengancam. Jangan sampai lengah hanya gara-gara mengikuti link sesat. Salah-salah ponsel pintar berbasis Android bisa error (hang).

Pertengahan tahun ini sudah terdeteksi tiga installer palsu untuk update aplikasi untuk Android, yakni Androidos_ADSMS.A, Androidos_Dordrael.l, dan Androidos_crusewin.A.

Ada juga malware terbaru, namanya Droid Dream Light (DDLight). Yang ini telah berhasil mengecoh 30.000 – 120.000 pengguna Android.

Lalu, bagaimana cara agar mengamankan ponsel Android? Simak lima tips dari Trend Micro ini:

1. Manfaatkan standar fitur keamanan di ponsel Androidmu
Masuklah ke menu > Setting, lalu Pilih > Location & Security > dan masukkan data seperti no PIN dan Password untuk mengunci ponsel. Hal ini bermanfaat untuk mengamankan data-data pribadi saat ponsel hilang secara fisik.

2. Jangan pilih seting Auto Connect untuk Wi-Fi
Masuklah ke dalam menu > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi Auto Connect untuk Wi-Fi, apalagi jika kamu memakai Internet banking.

3. Hindari instal aplikasi selain dari Android Market
Agar terhindar dari Trojan Android, instal hanya aplikasi yang ada di Android Market. Baru-baru ditemukan Trojan Android dari sebuah penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di Cina.

4. Hati-hati saat sebuah aplikasi meminta ijin untuk membuka akses data pribadi
Jika aplikasi yang diinstal meminta ijin untuk membuka beberapa data, pastikan kamu tidak memberikan ijin akses untuk masuk ke data pribadi, seperti list kontak telepon.

5. Gunakan aplikasi keamanan khusus ponsel Androidmu
Selain waspada saat menginstal dan membuka link tertentu, kamu disarankan untuk juga menginstal aplikasi keamanan untuk ponsel. Trend Micro Mobile Security for Android misalnya, bukan saja mengamankan password kamu,tapi juga semua data transaksi mobile banking kamu.(*)


Tips Untuk Ponsel Android Bebas Malware


android phone(ICTF - E-Tips) Sejak malware bermunculan? untuk platform Android, Anda harus hati-hati apa yang terjadi pada telepon atau tablet Anda. Smartphone itu berbasis seperti komputer dan? semua komputer rentan terhadap virus, phishing.

Berikut adalah lima tips cepat untuk membantu Anda menjaga ponsel Android atau tablet bebas dari malware.

Teliti produk? aplikasi: aplikasi apakah yang ditawarkan? Apakah memiliki situs web sendiri? Apakah ada aplikasi lain yang terlihat agak aman? Jika tidak, Anda harus tinggalkan. Baca ulasan online, tapi ingat bahwa ulasan Pasar Android tidak selalu jujur.

Selalu periksa hak akses aplikasi: Setiap kali Anda mengunduh atau update aplikasi, Anda akan melihat daftar izin untuk itu.

Hindari langsung menginstal file Paket Android (APKs): Ketika Angry Birds pertama kali datang ke, Anda bisa mendapatkannya hanya melalui toko aplikasi pihak ketiga dan "sideloading", menginstal aplikasi dengan menggunakan file APK.

Meskipun Angry Birds bukan malware, secara umum sangat dianjurkan untuk tidak mengunduh dan menginstal file APK dari situs web pihak ketiga atau toko app. Sebagian Anda tidak akan tahu berapa lama waktu install-nya.

Pasang? antivirus pada telepon atau tablet Anda: Beberapa nama besar perusahaan? yang berbeda-keamanan sudah menawarkan ponsel-opsi keamanan, banyak yang? gratis.

Hati-hati penipuan: Percaya atau tidak, smartphone Anda rentan terhadap penipuan phishing, situs berbahaya, dan drive-by download, seperti PC Anda. Situs berbahaya sering mencoba untuk mengelabui orang dalam memasukkan informasi pribadi mengenai diri mereka sendiri, bahkan yang lebih parah, adalah kemampuan beberapa situs 'untuk secara otomatis mengunduh malware ke telepon Anda. Karena layar ponsel yang lebih kecil, pengguna tiga kali lebih mungkin untuk mengklik link yang mencurigakan di telepon daripada ketika mereka menggunakan PC.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menikmati telepon Anda yang bebas malware.

(boston/EY/ictf)

No comments:

Post a Comment

Your Comment Here... Use It Wisely No Abuse