Welcome To My Blog Misteri Route 66 - New Life Begin } Sugeng Rawuh Sederek Seperjuangan

Saturday, October 8, 2011

Misteri Route 66

Route 66 (juga dikenal sebagai U.S. Route 66, The Main Street of America, The Mother Road atau Will Rogers Highway) adalah sebuah jalan raya di Amerika Serikat. Sebagai salah satu jalan nasional, Route 66 diresmikan tanggal 11 November 1926, walaupun papan namanya baru ada setahun kemudian. Aslinya berasal dari Chicago, Illinois, melalui Missouri, Kansas, Oklahoma, Texas, New Mexico, Arizona, dan California, sebelum berakhir di Los Angeles dengan panjang keseluruhannya 3.940 km.

Route 66 mengalami banyak perbaikan dan perubahan yang membuat jalan tersebut berubah-ubah panjangnya. Jalan ini menjadi jalur utama para migran yang pergi ke barat dan menyokong ekonomi dari komunitas yang dilaluinya. Masyarakat yang berbisnis sepanjang jalur ini menjadi makmur seiring bertambah populernya jalan raya ini, dan mereka pula yang kemudian berjuang untuk membuat jalan ini tetap hidup walau ada ancaman karena diganti oleh sistem jalan raya antar kota yang baru.
Route 66 secara resmi dinonaktifkan (yang berarti dihilangkan dari Sistem Jalan Raya Amerika Serikat) mulai tanggal 27 Juni 1985 setelah diputuskan bahwa jalur ini tidak lagi relevan dan diganti oleh Interstate Highway System (Sistem Jalan Raya Antar Kota). Bagian jalan yang melalui Illinois, New Mexico, and Arizona telah ditetapkan sebagai National Scenic Byway (jalan berpemandangan indah nasional) dengan nama "Historic Route 66" (Route 66 yang bersejarah). Jalur ini kembali masuk ke dalam peta dengan nama barunya.Selama bertahun-tahun, Route 66 menerima banyak nama. Segera setelah diresmikan, jalur ini dikenal dengan The Great Diagonal Way karena sebagian besar dari jalan raya ini (Chicago ke Oklahoma City) berjalan secara diagonal, tidak seperti jalan raya lainnya. Kemudian, Route 66 diberi gelar sebagai "Jalan Utama Amerika" setelah diusulkan oleh US Highway 66 Association untuk mempromosikan jalan ini. Dalam novel John Steinbeck berjudul The Grapes of Wrath, jalan ini dinamai The Mother Road. Nama tersebut terus melekat pada jalan ini. Terakhir, Route 66 secara tidak resmi dinamai The Will Rogers Highway oleh U.S. Highway 66 Association tahun 1952. Tanda peringatan penamaan jalan mengikuti pelawak Will Rogers ini masih ada di Santa Monica, California. Ada pula tanda peringatan seperti ini, seperti di Galena, Kansas.

Awal pengurangan aktivitas penggunaan dari Route 66 adalah saat penandatanganan pembangunan jalan raya antarkota oleh Presiden Dwight Eisenhower di tahun 1956. Sebagai seorang jenderal yang ikut berperang dalam Perang Dunia II di Eropa, Eisenhower terkesan dengan jalan raya di Jerman, atau Autobahnen. Eisenhower mempunyai visi untuk membangun sistem yang sama di Amerika Serikat yang memungkinkan untuk berkendara dengan cepat dari satu ujung negara ke ujung lainnya tanpa berhenti. Selain itu, jalan demikian juga bisa memudahkan mobilisasi tentara dalam keadaan darurat negara. Untuk itu kemudian dibangun berbagai jalan raya antar kota yang berakibat terus berkurangnya peran Route 66 sampai kemudian berhenti sama sekali. Walaupun demikian, tidak ada satupun dari jalan raya antar kota yang baru dibangun tersebut yang menggantikan keseluruhan Route 66.Nama Route 66 diabadikan dalam berbagai literatur, musik populer, dan film. Beberapa perusahaan diasosiasikan dengan jalur ini karena berada di, berdekatan dengan, atau bahkan mengambil nama dari jalan raya ini.

Setelah jalan ini dinonaktifkan, beberapa bagian jalan dialihfungsikan dengan berbagai cara. Di beberapa kota, jalur ini menjadi "daerah bisnis" di sekitar jalan raya antar kota. Beberapa bagian menjadi jalan negara bagian, jalan lokal, jalur pribadi, atau sama sekali diterlantarkan. Walaupun sekarang sudah tidak mungkin untuk berkendara menyusuri bekas Route 66 tanpa terputus dari Chicago ke Los Angeles, namun masih banyak bagian dari jalur asli yang bisa dilalui. Beberapa bagian dipelihara dengan baik, seperti yang berada di Springfield, Missouri, dan Tulsa.

Karena jalan yang melalui Oklahoma relatif datar dan lurus, dua orang insinyur kimia memutuskan untuk menguji jenis bensin baru di akhir tahun 1920an. Mereka mengatakan saat itu berhasil melarikan kendaraannya sampai 66 mil per jam (106 km/h). Kombinasi dari nama jalan dan kecepatan mobil yang berhasil dicapainya membuat mereka menamai jenis bahan bakar baru tersebut sebagai "Phillips 66", yang masih dipasarkan sampai saat ini.

Tahun 1939, penulis California John Steinbeck mempublikasikan novel "The Grapes of Wrath". Novel ini berceritera tentang migrasi para petani Oklahoma yang terkena bencana angin ribut "Dust Bowl" ke California. Buku itu mendeskripsikan berbagai permasalahan yang mereka alami, termasuk masalah prasangka dan kemiskinan, saat mereka menuju kehidupan yang diharapkan lebih baik. Dalam novel tersebut, ia menggunakan satu bab untuk menggambarkan jalur ke barat yang melalui Route 66, yang juga disebutnya sebagai "Mother Road" (Jalan Ibu), yang terus bertahan menjadi julukan jalan ini. Buku ini kemudian mendapat hadiah "Pulitzer" dan membuat jalan ini menjadi lebih terkenal.

Tahun 1946, komposer dan pianis jazz Bobby Troup menulis lagu "(Get Your Kicks On) Route 66", setalah berkendara di jalan itu untuk mencapai California. Ia memberikan lagu itu padaNat King Cole yang kemudian menjadikannya hit terbesar dalam kariernya. Lagu itu kembali menjadi hit saat dinyanyikan oleh Chuck Berry, dan telah direkam oleh artis lainnya termasuk Rolling Stones, Herman Brood, The Cramps, Depeche Mode, John Mayer, The Manhattan Transfer with Oscar Peterson, Asleep at the Wheel dan Van Morrison.

Nama jalan ini juga dipakai film seri televisi, Route 66, yang diputar dari tahun 1960 sampai 1964 di CBS. Pertunjukan ini menceriterakan dua orang pemuda yang berpetualang di jalan raya Amerika.Film buatan Disney/Pixar yang mulai diputar tanggal 9 Juni 2006, Cars, menggunakan setting utamanya di kota fiktif Radiator Spring, yang terletak di bagian Route 66 yang telah diganti oleh jalan raya I-40. Kota itu dibuat kebanyakan berdasar pada Amboy, California dan Seligman, Arizona, kota sebenarnya di Route 66 yang menunjukkan penurunan yang cepat saat I-40 dibuka awal tahun 1970an. Film ini aslinya berjudulRoute 66, tetapi diganti namanya untuk menghindari kesamaan dengan film seri buatan tahun 1960. Beberapa hal nyata yang diasosiasikan dengan Route 66 muncul di film ini, seperti hotel-hotel. Tanda nama jalan "The Historic US 66" yang ada di film ini adalah versi khusus dari Arizona.

No comments:

Post a Comment

Your Comment Here... Use It Wisely No Abuse