Welcome To My Blog Senjata Jepang Jaman Dulu - New Life Begin } Sugeng Rawuh Sederek Seperjuangan

Wednesday, August 17, 2011

Senjata Jepang Jaman Dulu

l yang digunakan pada abad ke-15 sampai abad ke-17. Sebagaimana penerusnya, musket atau senapan lontak, ini adalah senjata api smoothbore (lubang laras halus) yang lebih kecil daripada pendahulunya, membuatnya mudah dibawa. Senapan ini adalah awal dari senapan/bedil dan berbagai senjata laras panjang lainnya.

Senapan kopak berat yang dibawa di atas kereta (mirip meriam) disebut arquebus a croc. Jenis ini menggunakan peluru bola seberat 3.5 ons (99 g).
Image has been scaled down 19% (650x243). Click this bar to view original image (800x299). Click image to open in new window.
   
   
BONUS VERSI EROPA
istilah "musket", berasal dari bahasa Italia "moschetto" yang berarti elang. Angkatan perang yang menggunakan musket disebut musketir (Bahasa Inggris: musketeer, Bahasa Perancis: mousquetaire) . Senapan lontak sangat populer digunakan saat Revolusi Kolonial Amerika dan perang-perang Napoleon. Tidak seperti senjata api modern yang semi-otomatis maupun yang otomatis penuh, senapan lontak harus diisi terlebih dahulu setelah satu tembakan sebelum menembakkan peluru berikutnya. Sistem penyalaan musket bermacam-macam, mulai dari flash pan (abad ke-15), wheel lock (kancing roda, awal abad ke-16), snaphaunce (pertengahan abad ke-16), yang paling populer adalah senapan lontak yang menggunakan metode flintlock (kancing batu-api) yang dikenal secara luas di Bahasa Melayu sebagai "istinggar" (sejak 1612) dan yang paling modern percussion cap (sejak 1805-an).
urutan penggunaannya...
   sumber : http://www.eocommunity.com/showthread.php?tid=21364




No comments:

Post a Comment

Your Comment Here... Use It Wisely No Abuse